Sejarah Perkembangan Sistem / Teknologi Informasi, Hardware, dan Software
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu
manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan
informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk
data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa
komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik,
dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Menurut ahli Haag &
Keen, teknologi informasi adalah sebuah perangkat alat yang mampu membantu
pekerjaan manusia dengan informasi dan melakukan beberapa pekerjaan yang
berhubungan dengan proses informasi.
Sedangkan, Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu
untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas,
istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara
orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah
ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi
dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang
berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. Pengertian sistem
informasi menurut John F. Nash adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau
alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan
komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen
dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang
tepat.
Perkembangan Teknologi Informasi
Dulu manusia telah mengenal yang namanya teknologi. Namun tentunya
teknologi dahulu jauh berbeda dengan teknologi yang saat ini. Contohnya saja
mesin tik, dulunya mesin ini digunakan orang-orang untuk membuat dokumen. Namun
karena adanya teknologi, sehingga memaksa mesin tik untuk menyudahi jamannya
dan digantikan dengan adanya komputer yang lebih efisien.
Perkembangan Sistem Informasi
·
Periode pertama: Pra Mekanik
Pada periode ini, komunikasi
menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun 3000-2000 sebelum
masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan pesan. Contohnya
adalah bangsa Fenisia yang mendiami Timur Tengah (saat ini Lebanon) menciptakan
model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi simbol milik bangsa Fenisia
dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan. Bangsa Romawi
Kuno kemudian memakainya juga, yang mana saat ini menjadi alfabet yang kita
kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari papirus yang dilekatkan dimulai
pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya hanya pemuka agama dan pemimpin
yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada bangsa Mesir Kuno yang menciptakan
sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yang
disebut abakus.
·
Periode kedua: Mekanik
Masa ini termasuk dalam masa abad
pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah
dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah
mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih mudah
dikarenakan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar.
Pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise
Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan dianggap sebagai titik awal
mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung data.
·
Periode ketiga:
Elektromekanik
Pada masa ini, penggunaan listrik
untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline
terus ditemukan. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan kode Morse untuk
digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan
komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal
1948. Komputer tersebut adalah Dubbed Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal
penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi komputer, laptop, tablet
dan smartphone.
·
Periode keempat: Elektronik
Jean Hoerni mengembangkan
transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat mengintegrasikan semua
sirkuit yang diciptakan tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen
Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency
NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet yang anda gunakan
sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk pemerintah,
penelitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas
ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk interaksi sosial. Ini
terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert
Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya. Mereka lalu menjual
rancangan tersebut kepada intel untuk diproduksi secara massal.
Setelah
keempat era ini, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat.
Ditemukannya sistem operasi UNIX,
komputer dari Apple, sistem operasi Windows, Linux, era dot com dan masih
penemuan terbaru lainnya yang belum bisa kita sebutkan satu persatu. Semoga
artikel penjelasan sejarah perkembangan sistem informasi di atas bisa menambah
pengetahuan kamu di dunia komputer.
Perkembangan Hardware
Kemajuan teknologi yang dibuat
manusia telah mengubah bentuk dan fungsi komputer tersebut dalam beberapa
generasi, yaitu :
1. Generasi Pertama (1940-1959)
Komputer generasi pertama dibuat masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya, sehingga komputer generasi pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang besar. Komputer dalam prosesnya serta pembuatnya masih menggunakan komponen yang besar-besar.
1. Generasi Pertama (1940-1959)
Komputer generasi pertama dibuat masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya, sehingga komputer generasi pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang besar. Komputer dalam prosesnya serta pembuatnya masih menggunakan komponen yang besar-besar.
Adapun ciri-ciri komputer generasi pertama,
antara lain :
a. Ukuran fisiknya besar.
b. Kecepatan prose lambat.
c. Cepat panas.
d. Membutuhkan listrik yang besar.
e. Menggunakan tabung hampa udara (Vaccum tube).
f. Memorinya menggunakan Drum Magnetic.
g. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
h. Kapasitas penyimpanan utama terbatas (1000 - 4000 bytes)
i. Waktu siklus : milidetik
j. Kecepatan pemrosesan : 2000 instruksi per detik
Contoh komputer generasi pertama :
- MARK I, MARK II, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
- UNIVAC II (dibuat oleh Sperry Rand).
- ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator), dibuat oleh DR. John W. Mauchly pada tahun 1942. Komputer ini berukuran besar dan berat fisiknya mencapai 30 ton.
- SEC (Simple Electronic Computer), dibuat oleh Electronic Computation Laboratory of Birkbeck College pada tahun 1951.
- Datamatic 1000 (dibuat oleh Honeywell).
- NCR 102A, NCR 102D (dibuat oleh National Cash Register).
2. Generasi Kedua (1959-1964)
Pembuatan komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hemat.
a. Ukuran fisiknya besar.
b. Kecepatan prose lambat.
c. Cepat panas.
d. Membutuhkan listrik yang besar.
e. Menggunakan tabung hampa udara (Vaccum tube).
f. Memorinya menggunakan Drum Magnetic.
g. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
h. Kapasitas penyimpanan utama terbatas (1000 - 4000 bytes)
i. Waktu siklus : milidetik
j. Kecepatan pemrosesan : 2000 instruksi per detik
Contoh komputer generasi pertama :
- MARK I, MARK II, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
- UNIVAC II (dibuat oleh Sperry Rand).
- ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator), dibuat oleh DR. John W. Mauchly pada tahun 1942. Komputer ini berukuran besar dan berat fisiknya mencapai 30 ton.
- SEC (Simple Electronic Computer), dibuat oleh Electronic Computation Laboratory of Birkbeck College pada tahun 1951.
- Datamatic 1000 (dibuat oleh Honeywell).
- NCR 102A, NCR 102D (dibuat oleh National Cash Register).
2. Generasi Kedua (1959-1964)
Pembuatan komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hemat.
Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri
sebagai berikut :
a. Komponen telah menggunakan transistor.
b. Ukuran fisiknya lebih kecil.
c. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
d. Tidak cepat panas.
e. Membutuhkan listrik lebih sedikit.
f. Memori menggunakan Magnetic Core Storage
g. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (high level language) ( Cobol, Fortran, Algol ).
h. Sudah dapat digunakan untuk real time (informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan sekejap) dan time sharing (komputer digunakan bersama-sama dan komputer dapat membagi waktu untuk tiap-tiap pemakai).
i. Waktu siklus : mikrodetik
j. Kecepatan pemrosesan : 1 juta instruksi per detik (mips)
Contoh komputer generasi kedua :
- IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
- Honeywell 400, Honeywell 800 (dibuat oleh Honeywell).
- Burroughs 200 (dibuat oleh Burroughs).
- GE 635, GE 645, GE 200 (dibuat oleh General Electric).
- UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 (dibuat oleh Sperry Rand).
- NCR 300 (dibuat oleh National Cash Register).
3. Generasi Ketiga (1965-1970)
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu, komputer generasi ketiga telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi kedua dan ukuran fisiknya dibuat menjadi lebih kecil, agar dapat menghemat penggunaan ruang.
a. Komponen telah menggunakan transistor.
b. Ukuran fisiknya lebih kecil.
c. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
d. Tidak cepat panas.
e. Membutuhkan listrik lebih sedikit.
f. Memori menggunakan Magnetic Core Storage
g. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (high level language) ( Cobol, Fortran, Algol ).
h. Sudah dapat digunakan untuk real time (informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan sekejap) dan time sharing (komputer digunakan bersama-sama dan komputer dapat membagi waktu untuk tiap-tiap pemakai).
i. Waktu siklus : mikrodetik
j. Kecepatan pemrosesan : 1 juta instruksi per detik (mips)
Contoh komputer generasi kedua :
- IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
- Honeywell 400, Honeywell 800 (dibuat oleh Honeywell).
- Burroughs 200 (dibuat oleh Burroughs).
- GE 635, GE 645, GE 200 (dibuat oleh General Electric).
- UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 (dibuat oleh Sperry Rand).
- NCR 300 (dibuat oleh National Cash Register).
3. Generasi Ketiga (1965-1970)
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu, komputer generasi ketiga telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi kedua dan ukuran fisiknya dibuat menjadi lebih kecil, agar dapat menghemat penggunaan ruang.
Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Komponen telah menggunakan IC (Integrated Circuit) atau yang disebut "chip" dalam bentuk Hybrid Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda diletakkan secara terpisah dalam satu tempat.
b. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
c. Membutuhkan listrik lebih hemat.
d. Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
e. Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetik disk yang berkapasitas besar.
f. Dapat digunakan untuk multi processing dan multi programming.
g. Telah dibuatnya alat input-output dengan menggunakan visual display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, dan telah digunakannya alat pembaca tinta magnetik MICR (Magnetic Ink Character Reader).
h. Waktu siklus : nano detik
i. Kecepatan pemrosesan : 10 mips
Contoh komputer generasi ketiga :
- GE 600, GE 235 (dibuat oleh General Electric).
- Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700 (dibuat oleh Burroughs).
- UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 (dibuat oleh Sperry Rand).
4. Generasi Keempat (1970-1995)
Komputer generasi keempat merupakan pengembangan dari komputer generasi ketiga. Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan, yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat digabungkan.
Komputer generasi keempat mempunyai ciri-ciri
sebagai berikut :
a. Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang dipadatkan dalam 1 buah chip.
b. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan.
c. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang membuat rangkaian-rangkaian terpadu.
Contoh komputer generasi keempat :
- IBM 370 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
- APPLE II (dibuat oleh Apple).
Untuk komputer generasi yang akan datang, banyak menggunakan sensor-sensor untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita, dan komputer yang akan datang dibuat untuk mempermudah interaksi antara manusia dengan komputer secara langsung yang seakan-akan manusia tersebut berada dalam komputer. Ini dapat terwujud dengan adanya materi kecerdasan buatan (Artificial Intelligent), yaitu suatu peralatan yang dibuat untuk dapat bekerja seperti manusia, sehingga manusia bukan lagi sebagai obyek diluar komputer, melainkan manusia akan dilibatkan langsung sebagai objek di dalam komputer. Hal ini dapat anda lihat dengan dibuatnya sebuah alat untuk simulasi komputer, dimana manusia dengan menggunakan helm khusus agar tampak seperti di dalam komputer. Selain itu, kini telah dibuat robot-robot pengganti tenaga manusia. Pada robot tersebut dibuatkan sensor-sensor pendeteksi rangsangan dari luar dan akan langsung meresponnya seperti layaknya manusia.
a. Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang dipadatkan dalam 1 buah chip.
b. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan.
c. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang membuat rangkaian-rangkaian terpadu.
Contoh komputer generasi keempat :
- IBM 370 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
- APPLE II (dibuat oleh Apple).
Untuk komputer generasi yang akan datang, banyak menggunakan sensor-sensor untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita, dan komputer yang akan datang dibuat untuk mempermudah interaksi antara manusia dengan komputer secara langsung yang seakan-akan manusia tersebut berada dalam komputer. Ini dapat terwujud dengan adanya materi kecerdasan buatan (Artificial Intelligent), yaitu suatu peralatan yang dibuat untuk dapat bekerja seperti manusia, sehingga manusia bukan lagi sebagai obyek diluar komputer, melainkan manusia akan dilibatkan langsung sebagai objek di dalam komputer. Hal ini dapat anda lihat dengan dibuatnya sebuah alat untuk simulasi komputer, dimana manusia dengan menggunakan helm khusus agar tampak seperti di dalam komputer. Selain itu, kini telah dibuat robot-robot pengganti tenaga manusia. Pada robot tersebut dibuatkan sensor-sensor pendeteksi rangsangan dari luar dan akan langsung meresponnya seperti layaknya manusia.
Perkembangan
Software
·
Era
Pioner
Bentuk perangkat lunak
pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer,
gambar berikut memperlihatkan orang yang sedang menggunakan komputer. Cara lain
dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di
lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah
program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak
merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.
·
Era
Stabil
Pada era stabil penggunaan
komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan
akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri/perusahaan. Perusahaan
perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan
beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi
satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang dilakukan secara serempak
(multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna
(multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal
sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang
di proses).
·
Era
Mikro
Sejalan dengan semakin
luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang
untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi
perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak
aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan
tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu
jenis kecerdasan buatan.
·
Era
Modern
Saat ini perangkat lunak
sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25
prosesornya. Sebuah komputer genggam pun telah dilengkapi dengan perangkat
lunak yang dapat disinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan
peralatan-peralatan lainnya seperti telepon, TV, kulkas hingga ke mesin cuci,
AC dan microwave, telah ditanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi
peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu kelak akan
dapat saling terhubung.
Pembuatan sebuah perangkat
lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan
banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin
ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat
lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak
sekarang mulai bisa mengenal suara, gambar, dan lain-lain.
Semakin berkembangnya
teknologi informasi pada saat ini membuat kehidupan kita semakin mudah, salah
satunya semakin pesatnya penelitian dan evolusi artificial intelligent atau
kecerdasan buatan, yang membantu dalam berbagai bidang kehidupan. Penerapannya
dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan SDM yang ada dengan bantuan
pembelajaran melalui komputer yang menstimulasikan objek virtual yang memiliki
sikap (behvior) dan pemikiran (intelektual) seperti pada objek nyata.
Referensi
http://topan_sukma.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.2
https://irayori.gitbooks.io/perkembangan-teknologi-software-dalam-si/content/landasan_teori/sejarah_dan_perkembangan_software.html
https://irayori.gitbooks.io/perkembangan-teknologi-software-dalam-si/content/landasan_teori/sejarah_dan_perkembangan_software.html