Monday 13 November 2017

Tren Teknologi yang Akan Berkembang Dimasa Depan



1. Al dan Advanced Machine Learning
Machine Learning merupakan salah satu proses pembelajaran dari Artificial Intelligence yang mencakup sistem lebih canggih seperti mampu memahami, mempelajari, memprediksi, beradaptasi, dan berpotensi beroperasi secara mandiri. Machine Learning ini diprediksi dapat mengubah perilaku di masa depan, yang menuju pada terciptanya perangkat dan program yang lebih cerdas. Gartner memprediksi bahwa AI dan Machine Learningakan banyak digunakan pada robot, kendaraan mandiri, elektronik untuk konsumen, virtual personal assistants, dan smart advisors.

2. Virtual Reality

Kini teknologi Virtual Reality (VR) semakin digemari. Salah satu adegan rapat dewan dalam film Captain America : The Winter Soldier ‎menggambarkan penggunaan VR di masa depan. Teknologi holographic memungkinkan sebuah meeting atau pertemuan tidak lagi harus bertatap muka. Holographic bisa mewakili sosok seseorang, lebih nyata daripada video conference. Tidak hanya holographic, 3D printing juga akan lebih membumi. Bahkan sekitar 44 persen responden ingin 'mencetak' makanan yang dibuatnya sendiri.

3. Intelligent Apps
Seperti namanya, Intelligent Apps merupakan aplikasi pintar, contohnya seperti virtual assistant yang akan mempermudah hidup kita. Bahkan Gartner juga memprediksi bahwa virtual assistant di masa depan berpotensi mengubah keadaan kantor dengan kemampuannya membantu mengerjakan tugas sehari-hari. Dalam jangka 10 tahun ke depan, setiap aplikasi dan layanan akan menggunakan beberapa jenis AI.

4. Intelligent Things
Benda pintar atau Intelligent Things, dapat kita lihat contohnya yang sudah ada dan tak asing lagi di dengar, yaitu drone, pesawat pengintai tak berawak yang dijalankan dengan pusat kendali atau secara otomatis. Contoh benda pintar lainnya seperti kendaraan mandiri, dan smart appliances. Seperti halnya Intelligent Apps, Intelligent Things juga mengandalkan AI dan Advanced Machine Learning, dan kedepannya, berbagai perangkat dan peralatan cerdas akan terus bermunculan dan semakin populer.

5. Sensor Terus Bermunculan
Penyebaran teknologi berbasis sensor akan semakin menggurita. Hal ini diungkapkan oleh Ted Scheln dari Klelner Perkins. "Dari sensor kita bisa mendapat banyak data," tutunya.

6. Bot yang semakin menggeser peran manusia
Josh Koplemen dari First Round Capital memprediksi bila hal ini akan kian populer di ranah teknologi dunia, "Media dan cara berinteraksi antar konsumen akan bergeser karena adanya bot," jelasnya.

7. Digital Twin
Digital Twin mengacu pada perangkat lunak yang lebih dinamis, baik dari segi fisik maupun sistemnya. Digital Twin akan menggunakan data yang disediakan oleh sensor untuk memahami keadaan, merespon perubahan, meningkatkan operasi, dan menambah nilai. Mereka akan digunakan untuk hal-hal seperti perencanaan jasa, memperbaiki peralatan untuk operasi pabrik, dan meningkatkan efisiensi. Teknologi ini juga dapat menggantikan kombinasi sumber daya manusia yang terampil dan perangkat pemantauan tradisional.

8. Blockchain
Blockchain adalah sebuah buku besar yang dapat diakses oleh publik. Teknologi ini menunjukkan semua data transaksi yang pernah terjadi di dalam jaringan Bitcoin. Ke depannya Blockchain akan menggabungkan proses yang beragam, mencakup konsep middlewaredatabase, keamanan, analisis/AI, manajemen moneter, dan identitas.

9. Conversational System
Conversational System yang dapat disebut dengan chatbot ini, juga mengimplementasi kecerdasan buatan/AI dalam lingkup memproses bahasa alami atau natural language processing. Di masa depan, chatbot akan semakin banyak diadopsi. Chatbot sendiri merupakan sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasi sebuah percakapan atau komunikasi yang interaktif kepada pengguna (manusia) melalui bentuk teks, suara, dan visual.

10. Mesh App dan Service Architecture
Tim aplikasi harus membuat arsitektur modern baru untuk memberikan kinerja aplikasi yang lebih gesit, fleksibel, dan dinamis untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Dalam hal ini, Mesh App dan Service Architecture ada untuk menyeimbangkan permintaan dan stabilitas layanan.

11. Digital Technology Platforms
Digital Technology Platforms diibaratkan seperti sebuah pondasi bangunan dalam bisnis digital. Setiap organisasi pasti memiliki 5 fokus utama, yaitu information systems, customer experience, analytics and intelligence, Internet of Things, dan business ecosystems. Perusahaan harus mengidentifikasi bagaimana platform industri akan berkembang dan merencanakan cara untuk mengembangkan platform mereka guna memenuhi tantangan bisnis digital.

12. Adaptive Security Architecture
Perkembangan Internet of Things dan teknologi cerdas lainnya, tentunya harus diimbangi dengan sistem keamanan baru, karena terbukti keamanan di lingkungan Internet of Things merupakan sebuah tantangan yang besar. Tim keamanan harus menciptakan solusi karena semua hal akan berhubungan satu sama lain.



Referensi