Tuesday 31 March 2020

Etika


Etika dan Profesionalisme Teknologi Sistem Informasi

1.     Jelaskan mengapa etika harus digunakan dalam kehidupan sehari – hari termasuk dalam menggunakan fasilitas teknologi sistem informasi!
Jawab :
Menurut K. Bertens, etika adalah nilai – nilai dan norma – norma moral, yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur perilaku. Etika harus digunakan dalam kehidupan sehari – hari, karena dengan adanya etika manusia bisa mengetahui bagaimana ia menjalankan kehidupan sehari – hari di mana ia bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah sehingga apa yang diharapkan dalam kehidupan bisa tercapai. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan zaman yang lebih canggih, kerap kali kita lupa akan etika dan lingkungan sekitar. Perubahan yang terjadi pada cara berfikir manusia sebagai akibat perkembangan teknologi sedikit banyak berpengaruh terhadap pelaksanaan dan cara pandang manusia terhadap etika dan norma dalam kehidupannya. Dalam penggunaan teknologi sistem informasi, kita tetap harus memperhatikan beberapa etika, karena menggunakan teknologi sistem informasi pada dasarnya adalah kita berhubungan dengan orang lain. Berhubungan dengan orang lain membutuhkan kode etik tertentu.

2.     Berikan contoh penggunaan etika dalam kehidupan sehari-hari!
Jawab :
·       Berkata jujur
·       Bersikap dewasa dalam menghadapi masalah
·       Ramah dalam berkomunikasi
·       Menggunakan panggilan / sebutan orang dengan baik
·       Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien
·       Tidak mudah emosi / emosional
·       Berinisiatif sebagai pembuka dialog
·       Berbahasa yang baik, ramah dan sopan
·       Menggunakan pakaian yang sesuai dengan norma kesopanan
·       Bertingkah laku yang baik 

3.     Jelaskan apa akibatnya kalau etika tidak digunakan dalam keseharian!
Jawab :
Akibatnya adalah tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Selain itu, bila etika tidak digunakan dalam keseharian dapat melahirkan persepsi yang buruk di mata masyarakat dan berkurangnya rasa kepercayaan terhadap orang tersebut.